Cara Jitu Merawat Baterai Android Baru Agar Tahan Lama.

Apakah anda pernah melakukan perawatan pada baterai android ? 
Merawat baterai adalah hal yang harus kita lakukan. Karena dengan melakukan perawatan dapat memperpanjang umur baterai itu sendiri. Banyaknyak keluhan yang dialami pengguna android dalam masalah keawetan baterai, akhirnya kami memutuskan untuk membuat artikel ini.

Cara Merawat Baterai Android Agar Tahan Lama.


Bahkan tak sedikit dari mereka dalam waktu setahun sudah pernah melakukan pergantian dikarenakan baterai yang pertama sudah rusak. Lalu mengapa masalah tersebut bisa terjadi ? Apakah karena kualitas baterai yang kurang bagus atau kebiasaan kita yang jelek dalam hal perawatan dan penggunaannya ? Tak jarang dari kita punya kebiasaan jelek dalam menggunakan baterai. Contoh kasus Si A yang dalam kurun waktu satu tahun sudah pernah melakukan pergantian karena baterai yang pertama sudah bocor atau rusak. Sedangkan si B belum pernah sekalipun menggantinya dengan yang baru padahal umur baterainya sudah dua tahun. Ponsel dan baterai yang mereka gunakan sebenarnya sama, lalu apa yang membedakannya ? Yang membedakan mereka ialah cara pemakaian dan perawatannya. Karena si B selalu merewat ponsel dan baterainya dengan baik sehingga membuat umur baterai menjadi lebih lama dibandingkan si A.
Merawat baterai android agar tahan lama
Gambar baterai
Bagaimana cara perawatannya? Mengenai perawatan, kali ini kami telah membuat artikel mengenai Cara Merawat Baterai Android Baru Agar Tahan Lama. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Hubungkan Dulu Casan ke Stopkontak Baru ke Ponsel.


Ketika anda mau melakukan charging sebaiknya anda hubungkan dulu casan ke stopkontak baru ke ponsel. Hal ini terdengar sepele, tetapi jika anda membaca buku panduan pada ponsel yang anda gunakan. Didalam prosedur pengisian baterai yang selalu dianjurkan adalah menghubungkan charger ke stopkontak terlebih dahulu.

2. Jangan Gunakan Charger Umum.


Sebaiknya anda gunakan charger yang di setujui produsen dan jangan pernah menggunakan charger umum. Karena apabila anda menggunakan charger yang tidak sesuai dengan standard yang di tentukan maka akan menyebabkan kegagalan perangkat sehingga bisa mempersingkat umur baterai android anda.

3. Partial Charge Lebih Baik Daripada Full Charge.


Untuk baterai jenis Lithium Ion ( Li - Ion ) justru partial charge lebih baik daripada full charge. Beberapa situs yang membahas tentang baterai banyak yang menyarankan untuk tetap mempertahankan keadaan baterai antara 40% - 80%. Maksudnya ketika sedang mengisi baterai sebaiknya pada saat daya baterai 40% dan berhenti pada daya 80%. Salah satu situs yang terkenal dalam memberikan tips memperpanjang usia baterai adalah The Christian Science Monitor dan Bettery University.

4. Jangan Mengisi Baterai Semalaman.


Mungkin anda pernah mendengar bila baterai penuh maka charger dapat memutuskan arus yang masuk. Namun sebenarnya pernyataan itu adalah salah. Apabila baterai sudah terisi penuh charger tidak dapat memutuskan arus yang masuk melainkan hanya memperlambat atau meringankan arus listrik. Jadi arus akan tetap masuk namun dengan intensitas yang sangat kecil. Sebaiknya anda jangan lakukan lagi kegiatan mengisi baterai semalaman karena bisa mempersingkat umur baterai anda. Dan yang lebih parah lagi ponsel anda bisa meledak karena kelebihan daya.

5. Hindari Mengisi Baterai Saat Suhu Tinggi.


Mengisi baterai saat suhu tinggi juga bisa merusak baterai. Karena suhu tinggi dapat merusak sel - sel yang ada didalam baterai dengan sendirinya. Apalagi jika dibarengi dengan charging justru dapat memperlambat proses pengisian baterai dan baterai akan cepat rusak. Sebaiknya matikan ponsel terlebih dahulu jika sedang memiliki suhu tinggi dan jangan dulu dicharge sebelum suhu baterai normal 
( Tidak Panas Lagi ). Dan lebih baik dicharge dalam keadaan ponsel mati.

6. Jangan Sampai Daya Baterai Benar - Benar Habis ( 0% ).


Membiarkan baterai benar - benar habis merupakan kebiasaan buruk untuk jenis baterai Lihium Ion
( Li - Ion ). Jika kebiasaan itu selalu dilakukan, maka sel - sel baterai akan kehilangan kemampuannya untuk menyimpan daya. Apabila baterai dalam keadaan kosong terlalu lama, maka baterai akan tertidur dan susah untuk diaktifkan kembali. Sebaiknya bila sudah ada peringatan baterai lemah segera isi perangkat tersebut. Bila masih tidak memungkinkan sebaiknya matikan dulu perangkat tersebut sampai ada kesempatan untuk mengisi baterai.

7. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Powerbank.


Mungkin sebagian dari kita untuk mencegah supaya ponsel tidak kehabisan daya baterai solusi yang tepat adalah menggunakan powerbank. Akan tetapi bila terlalu sering menggunakan powerbank sebagai alat pengisian baterai maka akan membuat baterai cepat rusak. Sebaiknya powerbank digunakan dalam keadaan darurat saja, seperti saat melakukan kegiatan outdoor, melakukan perjalanan jauh, dan kegiatan lain yang tidak memungkinkan anda dalam menggunakan listrik. Anda jangan sembarangan membeli powerbank sebaiknya beli powerbank yang sesuai dengan ponsel anda. Artinya powerbank yang dibuat langsung oleh perusahaan yang membuat ponsel tersebut. Karena mereka pasti akan mengeluarkan powerbank yang aman dengan produknya.

Mungkin cara diatas dapat membantu anda dalam melakukan perawatan baterai supaya tetap awet dan tidak mudah rusak. Nah, dibawah ini adalah tips agar baterai android tidak cepat habis saat digunakan. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Matikan Notifikasi Aplikasi.


Menonaktifkan notifikasi menjadi salah satu langkah untuk menjaga agar baterai android tidak cepat habis. Pasalnya setiap notifikasi tidak penting seperti dari aplikasi ataupun game rata - rata terhubung dengan internet sehingga akan menguras daya secara signifikan.

2. Matikan Data seluler.


Mematikan data seluler merupakan langkah kedua untuk mengatasi masalah baterai cepat habis saat digunakan. Sebaiknya anda matikan data seluler apabila tidak sedang mengakses internet. Karena jika anda selalu mengaktifkannya maka akan menyedot banyak daya.

3. Mematikan Aplikasi Yang Tidak Digunakan.


Banyaknya aplikasi yang berjalan dibelakang layar bisa membuat baterai cepat habis dan kinerja android menjadi lemot. Sebaiknya anda nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan. Untuk menonaktifkannya dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Banyak sekali aplikasi ( menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan ) yang tersedia di Google Playstrore. Salah satunya aplikasi greenify yang dapat menidurkan
( Hibernater ) aplikasi yang tidak anda gunakan.

4. Atur Tingkat Kecerahan Layar dan Waktu Tampilan Android.


Mengatur kecerahan layar sangat efektif untuk menghambat daya baterai android. Semakin terang layar android maka semakin besar juga energi yang di ambil. Tidak hanya mengatur kecerahan layar saja sebaiknya anda juga mengatur waktu waktu tampilan layar agar tidak terlalu lama menyala. Cara mengaturnya yaitu anda cukup masuk kemenu setelan kemudian pilih tampilan. Silahkan anda atur berapa waktu yang dibutuhkan. Tapi sebaiknya anda pilih dalam hitungan detik saja.

5. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai.


Cara termudah agar baterai android tidak cepat habis adalah dengan memakai aplikasi penghemat baterai. Ada beberapa aplikasi yang kami sarankan untuk anda yaitu Avast Battery Saver, Battery Save Booster, DU Battery Saver, dan Booster For Android. Aplikasi tersebut bisa anda dapatkan di Google Playstore.

6. Matikan GPS.


Apabila anda tidak sedang berada ditengah perjalanan maka mematikan fitur GPS adalah pilihan yang tepat untuk menghemat baterai android. Karena GPS merupakan salah satu faktor mengapa baterai cepat habis. Untuk mematikan GPS anda cukup masuk ke menu setelan kemudian pilih akses lokasi. Namun, saat bepergian sebaiknya anda aktifkan kembali karena untuk berjaga - jaga agar ponsel bisa tetap dilacak.

7. Jangan Memakai Live Wallpaper.


Live Wallpaper memang mempercantik tampilan android yang anda miliki. Namun wallpaper jenis ini akan menyedot baterai secara cepat sehingga daya tahan akan berkurang. Sebaiknya anda ganti dengan wallpaper yang tidak bergerak karena bisa menghemat pengeluaran daya. 

 Demikian tips yang dapat kami berikan. Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam merawat baterai menjadi tahan lama. Terima kasih.

Mau dapet info gratis melalu email?

4 Responses to "Cara Jitu Merawat Baterai Android Baru Agar Tahan Lama."

  1. pantes btre smartpone ane cpt ngdrop..tks artikelnya gan

    BalasHapus
  2. waduh baru tau saya min, kalau ngecas semalaman itu bisa bikin rusak yah, saya sering seperti itu kalau pas pulang kerja langsung aja di pantengin ke casan. kalau mematikan saluran data sih memang bisa hemat baterai tapi kalau ada WA atau BBM atau chat lainnya tar gak masuk min.. info yang bermanfaat.

    BalasHapus
  3. yah, saya sering tuh ngecas sambil browsingan wkwkwk, ane takut batre ane ngedrop gan :D

    BalasHapus

Follow by Email