Tips Android yang Harus Anda tahu dan Bermanfaat untuk Anda.

Tips android yang harus anda tahu
Tampilan layar android.

Beberapa Tips Android Yang Harus Anda Ketahui.

Bagi anda yang baru memiliki ponsel android dan ingin mencoba setiap pilihan yang tersedia atau sistem yang ada di dalamnya, termasuk masalah android yang mengganggu anda setiap hari. Mungkin beberapa tips dibawah ini bisa membantu anda untuk mengetahui tentang sistem.

Dalam postingan kali ini, kami akan membahas tentang tips android yang berguna untuk anda dan bisa membantu  anda dalam menggunakan ponsel android. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Nonaktifkan Data Seluler.

Seperti yang anda tahu untuk menjalankan android kebanyakan membutuhkan jaringan internet. Jika anda selalu mengaktifkan data seluler yang ada di ponsel itu maka akan membuat baterai cepat habis. Sebaiknya anda nonaktifkan data selulernya. Untuk menonaktifkannya silahkan anda ikuti langkah - langkah dibawah ini :
  • Pertama masuk kemenu setelan kemudian pilih penggunaaan data setelah itu tekan OF. Anda akan melihat laporan penggunaan data yang anda gunakan setiap bulannya 

2. Set Data Seluler.

cara set data seluler android
Gambar menu penggunaan data.
Didalam android terdapat fitur yang memungkinkan anda untuk mengatur batas dan melacak penggunaan data yang sudah anda gunakan setiap bulannya. Sehingga anda bisa menghemat pemakaian kuota bulanan. Berikut ini cara mengaturnya :

  • Anda cukup masuk kemenu setelan kemudian pilih penggunaan data. Silahkan anda centang Atur Batas Data Seluler kemudian anda tetapkan batas data dengan menyeret garis orange untuk menggambarkan kuota bulanan anda. Mengatur siklus penggunaan data berdasarkan bulan ( dimulai dan berakhir ).
Anda akan diberitahu setelah mencapai batas yang telah ditetapkan. Perhatikan bahwa penggunaan data yang dilacak dari ponsel mungkin bisa berbeda dari pelacakan operator.

3. Nonaktifkan Pemberitahuan Aplikasi. 

Cara nonaktifkan pemberitahuan aplikasi
Yang di lingkari adalah ceklis yang harus di hilangkan
Anda mungkin akan sedikit terganggu dengan adanya notifikasi aplikasi seperti pemberitahuan iklan dan promosi. Terkadang notifikasi yang muncul hanya sekedar iklan atau undangan bermain game. Tidak hanya membuat kita kesal namun hal itu dapat menyebabkan baterai android anda cepat habis. Apabila anda ingin menonaktifkannya silahkan ikuti langkah berikut :
  • Anda cukup masuk kemenu setelan.
  • Kemudian pilih aplikasi manager.
  • Setelah itu geser ke tab download untuk menonaktifkan notifikasi aplikasi hasil download. Sedangkan jika ingin menonaktifkan dari semua aplikasi yang ada di android silahkan anda pilih tab all.
  • Jika aplikasi yang anda pilih sudah ketemu. Anda cukup pilih aplikasi tersebut lalu hilangkan cheklist pada "Show Notifications".

4. Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis.

cara menonaktifkan update aplikasi otomatis
Menonaktifkan update aplikasi  otomatis
Android memiliki fitur update otomatis yang ada di Google Playstore. Sehingga setiap ada versi terbaru dari aplikasi atau game yang terinstall maka semuanya secara otomatis akan langsung terupdate apabila sedang terhubung ke internet. Namun jika anda ingin menonaktifkan fitur tersebut anda bisa lakukan cara di bawah ini :
  • Silahkan anda masuk ke Google Playstore, kemudian anda tap 3 garis horizontal yang terletak di pojok kiri atas Playstore. Kemudian pilih setelan.
  • Maka akan muncul daftar menu yang ada di dalam menu setelan. Silahkan pilih pada perbarui aplikasi secara otomatis.
  • Selanjutnya akan muncul 3 pilihan yaitu Jangan Perbarui Aplikasi Secara Otomatis, Perbarui Secara Otomatis Kapan Saja ( Mungkin dikenakan biaya data ), dan Perbarui Aplikasi Secara Otomatis Hanya Melalui WiFi.
  • Silahkan anda pilih Jangan Perbarui Aplikasi Secara Otomatis. Untuk menonaktifkan fitur Auto Updatenya.

5. Tambahkan Beberapa Akun Google.

Andorid bisa dijalankan secara maksimal apabila anda sudah memasukan akun Google. Anda juga bisa menambahkan akun kedalam android lebih dari satu. Jika anda ingin masukan akun yang lain silahkan anda ikuti langkah - langkahnya :
  • Masuk kemenu setelan kemudian pilih tambahkan akun.
  • Kemudian pili "Google" dan set up akun baru ( Apabila anda belum pernah memiliki akun Google ) atau pilih akun yang sudah ada.
Lakukan cara diatas secara berulang jika ingin menambahkan lebih banyak akun.

6. Update System Android.

Anda bisa memeriksa apakah android anda sudah memerlukan Update atau belum. Karena melakukan Update System dapat meningkatkan peforma ponsel menjadi lebih bagus lagi. Berikut ini cara mengeceknya :
  • Pertama anda masuk kemenu setelan. Kemudian pilih Tentang Ponsel.
  • Setelah itu tekan Pembaruan Sistem, ketuk Periksa Sekarang untuk melihat apakah sudah ada pembaruan sistem atau belum. Jikan memang sudah ada silahkan anda pilih Update Sistem ROM.
  • Maka ponsel anda akan mendownload ROM tersebut dan melakukan pembaruan sistem secara otomatis.

7. Mengambil Screenshot.

Anda tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga untuk mengambil gambar yang ada di layar ponsel. Karena android sudah memiliki fitur bawaan untuk mengambil gambar screenshot. Mengambil screenshot biasanya dilakukan jika kita ingin menunjukan apa yang tampil pada layar ponsel android kepada orang lain dengan mengirimkannya dalam bentuk gambar.
  • Pertama tentukan dulu gambar yang akan diambil di ponsel.
  • Kemudian tekan tombol Home +Power secara bersamaan selama 3 detik sampai terdengar bunyi jepretan foto.
  • Setelah itu cek diberkas untuk memastikan hasilnya.

8. Membuat Shortcut Aplikasi.

Setelah anda memiliki banyak aplikasi yang di install Home screen anda mungkin akan terisi dengan Shortcut Aplikasi. Namun aplikasi tersebut tidak tersusun secara rapi. Namun anda bisa menyusun semua aplikasi tersebut sesuai keinginan anda. Silahkan ikuti langkah - langkahnya.
  • Pertama anda tekan dan tahan Home Screen sampai muncul jendela mini dengan aplikasi di dalamnya
  • Silahkan anda buat folder untuk mengelompokan aplikasi tersebut.
  • Kemudian pilih aplikasi mana saja yang ingin anda masukan.
Dengan mengelompokan aplikasi kedalam folder membuat tampilan ponsel menjadi lebih rapi dan mudah untuk menemukan aplikasi yang mau anda jalankan.

9. Melacak Android Yang Hilang.

Anda bisa melacak ponsel android yang hilang dengan menggunakan aplikasi Android Device Manager. Aplikasi ini merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google untuk melacak keberadaan android yang hilang. Untuk berjaga - jaga sebaiknya anda pasang aplikasi tersebut dengan mengunduhnya di Google Playstore. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk mengendalikan perangkat android anda dari jarak jauh jika sewaktu - waktu hilang. Berikut ini adalah caranya :

  • Install aplikasi Android Device Manager  di Google Playstore.
  • Silahkan anda log in dengan akun Google yang aktif pada ponsel anda ( Ingat akun Google yang aktif ).
  • Untuk melacaknya anda bisa menggunakan ponsel lain yang sudah memiliki aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya tinggal pilih perintah yang anda berikan. Apakah akan memaksanya berdering, menguncinya, atau menghapus datanya.

10. Nonaktifkan Animasi.

Animasi bergerak
Contoh animasi bergerak
Animasi memang sangat menarik ketika digunakan pada android. Karena kesan canggih dan modern akan muncul saat kita melihat tampilan ponsel android. Namun dibalik kelebihan tersebut ada kelemahan yang timbul salah satunya dari sisi penggunaan baterai yang bisa membuat baterai cepat habis. Sehingga terkadang menonaktifkan animasi yang berjalan menjadi salah satu pilihan agar ponsel kita berjalan mulus dan baterai menjadi hemat.
  • Pertama anda masuk kemenu setelan. Kemudian pilih menu pengembangan ( Apabila menu tersebut belum muncul ) cara mengaktifkannya yaitu anda masuk kemenu setelan kemudian pilih tentang perangkat setelah itu tap tujuh kali pada Nomor Versi.
  • Setelah anda ketuk maka akan muncul notifikasi bahwa menu pengembangan akan dibuka.
  • Setelah menu pengembangan muncul. Pilih menu tersebut kemudian scrolll kebawah dan cari menu Skala Animasi Jendela, Skala Animasi Transisi, dan Skala Durasi Animasi.
  • Pada masing - masing sub menu tersebut anda pilih nonaktifkan animasi.
Maka tampilan animasi diponsel anda tidak akan muncul lagi. Dan tentunya akan mempercepat kinerja android.

11. Merekam Layar Android.

Bagi anda yang ingin membuat tutorial android dan juga ingin share permainan game ke Youtube, anda bisa menggunakan aplikasi Screen Recorder. Aplikasi ini dapat membantu anda dalam merekam layar android. Banyak sekali aplikasi perekam layar yang tersedia di Google Playstore.

12. Mengaktifkan Teks Prediksi dan Koreksi.

Teks prediksi merupakan salah satu hal yang dapat membantu anda dalam mengetik. Banyak sekali aplikasi keyboard yang memiliki teks prediksi dan koreksi teks yang akurat sehingga mengetik menjadi lebih cepat dengan bantuan fitur ini. Kami sebelumnya sudah membuat artikel tentang aplikasi keyboard yang berjudul 11 Aplikasi Keyboard Android Terbaru Yang Wajib Anda Coba. Silahkan anda baca artikel tersebut.

Demikian informasi yang bisa kami berikan semoga tips di atas berguna bagi anda. Jangan lupa untuk Like FansPage Facebook kami yang tertera di halaman ini. Terima kasih.

Mau dapet info gratis melalu email?

0 Response to "Tips Android yang Harus Anda tahu dan Bermanfaat untuk Anda."

Posting Komentar

Follow by Email