Cara Jitu Memperbaiki Touchscreen Android Error Secara Tiba-Tiba.

Cara memperbaiki touchscreen error

Cara Memperbaiki Touchscreen Error.

Seiring berkembangnya teknologi, banyak ponsel yang sudah beralih dari keyboard konvesional ke teknologi touchscreen. Salah satunya ponsel android yang sudah menggunakan layar sentuh untuk pengoprasiannya. Dengan menggunakan fitur touchscreen layar ponsel akan terlihat lebih luas dan modern dibandingkan menggunakan keyboard fisik. Namun, sebenarnya fitur ini lebih rentan terhadap kerusakan. Biasanya masalah yang dihadapi oleh pengguna ialah touchscreen tidak bisa digunakan atau macet baik secara tiba - tiba atau memang ada penyebab sebelumnya. 

Tentu saja jika fitur tersebut error akan membuat pengoprasian android terganggu. Lalu bagaimana cara memperbaikinya ? Ada beberapa cara untuk memperbaiki touchscreen error yang akan kami ulas di postingan ini. Cara dibawah ini hanya berlaku untuk touchscreen error akibat kerusakan sistem dan bukan hardware misalnya touchscreen retak atau pecah, sehingga layar tidak bisa digunakan lagi. Jika itu terjadi sebaiknya anda bawa ponsel tersebut ke tempat service HP, karena pengerjaannya lumayan sulit jika dilakukan oleh pemula. Berikut ini adalah cara memperbaikinya.

1. Bersihkan Ponsel Anda.

Banyaknya sampah yang tersimpan membuat kinerja perangkat tidak stabil. Hal ini juga akan mengakibatkan touchscreen android menjadi error. Silahkan bershikan ponsel android anda menggunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master atau sejenisnya agar kinerja ponsel menjadi normal. Sebaiknya anda lakukan pembersihan secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Matikan Ponsel Sementara.

Touchscreen error bisa saja terjadi karena pemakaian ponsel secara berbebihan. Biasanya itu terjadi ketika bermain game selama berjam-jam sehingga ponsel menjadi panas dan macet. Pemakaian seperti itu sangat di tidak baik untuk kesehatan ponsel. Bukan hanya dapat merusak touchscreen bahkan membuat umur baterai ponsel menjadi singkat. Coba matikan ponsel anda dan lepas baterainya. Jangan dulu dinyalakan sebelum suhu nya stabil dan tidak panas lagi.

3. Cek Kondisi Touchscreen.

Jika cara diatas belum berhasil silahkan anda lakukan pengecekan terhadap touchscreen untuk memastikan apakah error akibat software atau hardware. Ada 2 cara untuk mengecek kondisi layar yaitu memasukan kode rahasia atau menggunakan aplikasi. Jika anda ingin melakukan pengecekan menggunakan kode rahasia silahkan anda masukan kode *#0*# (Untuk ponsel Samsung) di menu telepon. Setelah itu akan muncul beberapa menu test. Silahkan anda pilih test touch maka akan muncul kotak - kotak kecil. Kemudian usapkan jari anda untuk menguji touch, jika kotak tersebut terisi semua dengan warna hijau maka touchscreen anda tidak ada masalah. Sedangkan jika ada beberapa bagian kotak yang tidak terisi kemungkinan bagian tersebut mengalami kerusakan. Sehingga membutuhkan pergantian touchscreen. 

Untuk pengguna Asus silahkan masukan kode (.12345+=) di kalkulator. Setelah itu tap Single Test, pilih Touch Test  kemudian lakukan pengecekan, dan lihat jika hasilnya "Pass" maka tidak ada kerusakan. Anda juga dapat melakukan test lain seperti MultiTouch Test, dan masih banyak lagi Test untuk mengetahui kondisi ponsel. Namun, bagi anda yang ingin melakukan pengecekan kondisi touchscreen menggunakan aplikasi, anda bisa gunakan aplikasi seperti Phone Test, Phone Doctor Plus, dan masih banyak lagi. Silahkan anda download di Google Playstore.

4. Lakukan Reset Ulang.

Reset Ulang merupakan cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki touchscreen error. Cara ini sebenarnya memiliki resiko yang cukup besar yang mengakibatkan hilangnya file penting yang ada di memori internal, seperti Foto, Kontak, ataupun aplikasi yang menurut anda cukup penting. Sebelum melakukan cara ini sebaiknya anda backup terlebih dahulu file tersebut ke memori eksternal agar semuanya tidak ikut terhapus. Dan untuk berjaga - jaga copot SD Card anda agar terhindar hal yang tidak diinginkan. Jika anda belum tahu untuk melakukannya silahkan baca artikel ini Cara Melakukan Factory Reset Atau Reset Ulang Android.

Demikian tutorial yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat membantu masalah anda. Tunggu artikel menarik selanjutnya hanya di Androidkuma.Com. Terimakasih.

Mau dapet info gratis melalu email?

0 Response to "Cara Jitu Memperbaiki Touchscreen Android Error Secara Tiba-Tiba."

Posting Komentar

Follow by Email