Cara Jitu Menghapus Virus Di HP Android Dengan Mudah

Ciri hp android terkena virus dan cara menghapusnya

Smartphone android memang cukup rentan terinfeksi virus. Pasalnya android merupakan sistem operasi tebuka. Dengan adanya virus di smartphone maka akan berdampak buruk bagi perangkat itu sendiri. Salah satunya akan mengalami kerusakan sistem. Dalam postingan ini android kuma akan memberikan cara terbaik untuk menghilangkan virus di android.

Ciri - ciri Hp terinfeksi virus dan cara mengatasinya.

Virus biasanya dibawa melalui aplikasi - aplikasi tertentu. Jadi jika smartphone kamu tidak ingin ditinggali virus sebaiknya jangan coba - coba untuk menginstall aplikasi sembarangan. Lebih baik kamu install aplikasi melalui Google Playstore, karena itu merupakan tempat aplikasi yang cukup aman yang dikembangkan oleh Google.

Sebelum kita mulai menghapus virus, kamu harus pastikan bahwa ponsel atau tablet terinfeksi virus atau tidak. Adapun prilaku - prilaku yang tidak wajar di android bisa menandakan bahwa ponsel tersebut terinfeksi virus. Berikut ini adalah ciri - cirinya.
  • Ponsel atau tablet menjadi lambat setelah mengunduh aplikasi sembarangan atau berbagi file via bluetooth.
  • Ponsel tiba -tiba saja mati sendiri, disaat kita sedang melakukan panggilan atau aktivitas lainnya.
  • Adanya iklan secara berlebihan di ponsel atau tablet, meskipun aplikasi yang berhubungan dengan iklan tersebut sudah dihapus.
  • Dan aktivitas lain yang menurut kamu tidak wajar.
Lalu bagaimana cara mengatasi hp atau tablet terinfeksi virus ?

Virus android memiliki tujuan yang berbeda. Ada yang membahayakan perangkat dengan merusak sistem, ada juga beberapa yang mencuri data pribadi kamu. Apapun itu tentu sangat mengganggu sekali bukan ? Maka dari itu langsung saja kita lihat cara menghapus virus di android.

Masuk ke Mode Aman.

Coba kamu masuk ke dalam mode aman, ini bertujuan agar aplikasi pihak ketiga tidak berjalan khususnya untuk aplikasi yang berbahaya. Untuk masuk ke mode aman (untuk hp ASUS
) silahkan kamu matikan ponsel kemudian tekan dan tahan tombol daya → Ketika logo ASUS muncul tekan volume bawah sampai sistem booting → Kemudian kamu diminta untuk memilih "Safe Mode" dipojok kiri layar bawah. Bagi kamu yang memiliki smartphone berbeda silahkan mencarinya digoogle. Dalam mode aman pengguna bisa mencopot aplikasi yang membahayakan perangkat dan dapat mempertahankan data pribadi.

Melakukan factory reset.

Dengan Factory reset atau reset pabrik perangkat kamu akan kembali normal dan virus yang tersimpan akan hilang. Pasalnya cara ini dapat menghapus semua cache beserta aplikasi yang membahayakan. Namun yang harus kamu tahu jika melakukan factory reset maka semua data yang tersimpan dimemori internal ikut hilang salah satunya foto. Maka dari itu sebaiknya backup data terlebih dahulu sebelum melakukannya. Berikut ini Cara Melakukan Factory Reset Android.

Melakukan Flashing.

Cara terakhir yaitu dengan flash hp android. Ini merupakan cara paling jitu untuk menghapus virus di ponsel atau tablet. Bukan hanya itu flash juga merupakan salah satu cara terbaik mengatasi android bootloop atau mati. Dengan melakukan cara ini ponsel android kamu akan kembali normal seperti semula. Karena flashing merupakan instal ulang software yang ada diandroid. Berikut Cara Melakukan Flash Hp Android.

Setelah ponsel kamu kembali normal dengan melakukan cara diatas. Kamu sebaiknya harus menjaga perangakat lebih baik lagi agar masalah tersebut tidak terulang kembali.

Cara menghindari virus di android.

1. Jangan menginstall aplikasi sembarangan.
Untuk mnginstall aplikasi sebaiknya kamu cari melalui Google Playstore. Sebab itu adalah toko resmi yang dikeluarkan oleh Google sendiri. Logikanya mana mungkin pengembang akan membahayakan produknya sendiri. Jadi kami sarankan kamu lakukan hal ini. Kami juga tidak melarang kamu untuk mengunduh aplikasi selain diGoogle Play, namun kamu harus pintar - pintar memilih. Jika tidak maka akan berampak negatif bagi perangkat.

2. Jangan mengunduh aplikasi bajakan.
Meskipun aplikasi dari Google Play cukup terjaga keamanannya, bukan berarti kamu bisa seenaknya menginstall aplikasi disana. Sebelum kamu menginstall alangkah baiknya kamu memeriksa pengembang dan informasi detai aplikasi tersebut. Atau kamu bisa melihat komentar dari setiap pengguna yang ada. Untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut benar - benar aman.

3. Jangan melakukan Root Hp.
Bagi kamu yang sudah melakukan Root sebaiknya kamu segera bersihkan dan UnRoot hp android kamu. Karena dengan melakukan Root sistem android akan menjadi lebih terbuka dan bisa menghilangkan garansi. Dengan begitu android akan rentan terinfeksi virus dan yang paling parah dapat menyebabkan bootloop. Jadi sebaiknya kamu jangan ulangi hal ini lagi. Dan bagi yang belum melakukannya sebaiknya jangan kamu coba.

4. Jangan berbagi file sembarangan.
Kita mumgkin sering melakukan kegiatan berbagi foto, video, musik dan yang lainnya dengan teman melalui Bluetooth dan WiFi. Namun, sebelum melakukan ini kamu harus tanyakan terlebih dahulu kepada teman kamu apakah ponsel tersebut tidak terinfeksi virus. Karena virus juga akan masuk melalui jaringan seperti bluetooth dan WiFi. Sebaiknya segera matikan jika sudah tidak digunakan.

5. Install aplikasi anti virus.

Install aplikasi antivirus merupakan cara untuk mengindari android terinfeksi virus

Dengan menginstall aplikasi anti virus dapat mengurangi resiko masuknya virus ke perangkat. Sebab aplikasi ini memiliki fungsi melindungi perangkat dari semua ancaman yang membahayakan khususnya virus. Kamu bisa mencarinya di Google Playstore, karena disana ada banyak antivirus baik gratis dan berbayar. Silahkan kamu pilih dengan teliti.

Nah, itulah beberapa solusi dan tips agar hp android terbebas dari virus berbahaya. Semoga aritkel ini dapat membantu kamu. Terima kasih sudah membaca.

Mau dapet info gratis melalu email?

0 Response to "Cara Jitu Menghapus Virus Di HP Android Dengan Mudah"

Posting Komentar

Follow by Email