Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Google Maps Secara Offline.

Cara menggunakan aplikasi google maps secara offline
Google Maps merupakan suatu layanan navigasi atau pemetaan yang paling popular dikalangan pengguna smartphone khususnya android. Aplikasi yang dikembangkan oleh google ini banyak sekali manfaatnya, seperti dapat memberikan rute bebas macet, sebagai petunjuk arah jika bepergian keluar kota, dan masih banyak lagi manfaat dari google maps ini. Namun, ada satu masalah yang sering dialami pengguna dalam menggunakan google maps. Layanan ini hanya akan bekerja jika berada disuatu tempat yang memiliki koneksi internet yang stabil. Jadi bila anda sedang berada ditempat yang kurang memiliki jaringan internet maka layanan ini tidak dapat bekerja dengan baik. Tapi sekarang masalah itu bisa diatasi dengan cara menggunakan google maps dalam mode offline. Google telah memberikan fitur baru terhadap layanan ini mengingat banyaknya keluhan dari para penggunanya. Untuk menggunakan fitur ini diperlukan beberapa langkah dan kali ini androidkuma.com akan memberikan tutorialnya.

Menggunakan Google Maps secara Offline.

Cara menyimpan area dan mengakses google maps offline

Untuk bisa mengakses layanan Google Maps secara offline, sebelumnya anda harus mendownload terlebih dahulu area yang akan digunakan. Anda dapat menyimpan area tersebut di penyimpanan internal ataupun microSD. Meskipun begitu, sebaiknya anda gunakan penyimpanan microSD, sebab area yang akan anda download memiliki size yang besar bisa mencapai 1GB lebih sehingga akan memakan banyak ruang. Setelah area tersebut didownload jangan anda ubah tempat penyimpanannya, karena jika itu terjadi maka area yang sudah didownload tadi akan hilang. Untuk menyimpan area oflline di microSD, silahkan jalankan google maps setelah itu buka Menu =>Area Offline => Pengaturan => Preferensi Penyimpanan => Perangkat => Micro SD.

Area yang sudah anda download harus diupdate setidaknya 30 hari, jika sudah lebih dari itu maka area tersebut sudah kadaluwarsa. Update biasanya dilakukan secara otomatis menggunakan WiFi. Namun, untuk memastikannya silahkan anda pergi ke pengaturan Google Maps offline dan aktifkan update otomatis. Kemudian anda pilih uptade menggunakan Wi-Fi.

Anda juga tidak akan bisa menikmati semua fitur yang ada dalam mode offline. Difitur ini hanya bisa digunakan sebagai petunjuk arah saja. Fitur yang tidak bisa digunakan seperti rute sepeda, petunjuk arah angkutan umum, informasi lalu lintas, rute alternatif atau panduan jalur dan beberapa fitur lain.

Mendownload area peta secara offline.

Cara mendownload area peta secara offline

Untuk mendownload area offline diperlukan kuota yang sangat besar, jadi kami sarankan sebaiknya anda menggunakan WiFi. Langsung saja ikuti langkah - langkah dibawah ini.
  1. Buka aplikasi Google Maps dan pastikan aplikasi tersebut merupakan versi terbaru.
  2. Cari area atau daerah yang ingin anda download, contohnya Bandung.
  3. Jika tempat tersebut sudah ditemukan, akan muncul sebuah nama atau alamat tempat dibagian bawah. Jika anda mencari restoran, tekan lainnya atau ikon 3 titik.
  4. Kemudian anda tentukan seberapa luas daerah yang ingin anda download dengan cara me-Zoom area tersebut.
  5. Terakhir pilih download.
Setelah semuanya tersimpan, anda bisa langsung menjalankan layanan google maps secara offline dan perlu anda ingat seperti yang sudah kami sebutkan diatas, anda tidak bisa menikmati semua fitur yang ada diaplikasi ini. Anda pun dapat menghapus area tersebut jika sudah tidak digunakan lagi.

Mau dapet info gratis melalu email?

0 Response to "Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Google Maps Secara Offline."

Posting Komentar

Follow by Email