Cara Terbaik Merawat Layar Sentuh HP Agar Tetap Awet dan Bagus.

Cara-merawat-touchscreen-android

Cara Merawat Layar Sentuh Dengan Baik.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sekarang ini banyak sekali ponsel yang sudah menggunakan layar sentuh atau touchscreen untuk pengoprasiannya. Dengan adanya teknologi tersebut layar pun akan terlihat lebih lebar dan modern. Namun, sangat disanyangkan bahwa sebenarnya teknologi ini memiliki resiko yang besar terhadap kerusakan dibandingkan keyboard fisik. Maka dari itu pengguna harus melakukan perawatan terhadap layar ponsel agar tetap awet. Lantas bagaimana cara merawatnya ? Ada beberapa perawatan yang harus anda lakukan agar layar tetap mulus dan terhindar dari goresan. Bukan hanya itu saja melakukan perwatan juga akan mengurangi resiko error terhadap touchscreen itu sendiri. Dalam artikel ini kami akan memberikan tips bagaimana cara merawat layar sentuh tetap awet. Silahkan anda simak ulasannya dibawah ini.

1. Jangan Menyimpan Ponsel Sembarang Tempat.

Menyimpan ponsel sembarangan merupakan salah satu kebiasaan buruk yang selalu dilakukan oleh beberapa pengguna. Sebaiknya jika anda suka melakukan kebiasaan itu maka jangan ulangi lagi dimulai dari sekarang. Beberapa tempat yang dilarang untuk menyimpan ponsel diantaranya ujung meja, diatas TV, diatas lemari es, dan tempat rawan lainya. Karena menyimpan di tempat seperti itu kemungkinan besar ponsel anda tersenggol dan terjatuh. Yang akhirnya mengakibatkan layar retak dan paling parah bisa pecah. 

Salah satu kasus yang dialami oleh salah satu saudara saya, waktu itu dia pernah menyimpan ponselnya diatas lemari es dan akhirnya tanpa sengaja tersenggol oleh orang lain yang ingin mengambil barang berbeda yang di simpan disitu. Sehingga ponsel tersebut retak dibagian atas. Hal ini bisa menjadi peringatan buat anda, untuk tidak melakukan hal yang sama.

2. Pastikan Tangan Anda Bersih.

Sebelum menggunakan ponsel, anda harus pastikan dulu apakah tangan anda sudah bersih atau belum. Misalnya anda sudah makan gorengan lalu anda lupa membersihkan tangan anda dan langsung mengunggunakan ponsel. Tentu ponsel tersebut akan ternodai oleh minyak gorengan yang menempel ditangan. Ponsel pun akan terlihat kotor dan kurang nyaman jika digunakan. Sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu dan lap tangan anda sampai kering. Tapi jika layar tersebut sudah memakai anti gores Glare anda tidak perlu khawatir. Karena pelindung tersebut sudah tahan terhadap minyak.

3. Selalu Bersihkan Layar Ponsel.

Membersihkan layar secara berkala bukan hanya untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel saja, bisa juga untuk menghindari kerusakan terhadap layar. Untuk membersihkannya anda harus menggunakan kain khusus yaitu microfiber, jika tidak ada maka gunakan kain halus atau bertekstur lembut serta bersih. Cara melakukannya pertama matikan layar ponsel, kemudian kain tersebut anda oleskan cairan pembersih bisa dengan minyak kayu putih, pembersih kaca, lotion, pasta gigi, dan cairan lain yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca dan gunakan salah satu saja. Kemudian anda gosok secara melingkar sampai semuanya rata dan terlihat mengkilap.

4. Jangan Menekan Layar Terlalu Keras.

Hal ini biasanya dilakukan ketika anda sedang serius bermain game sehingga terbawa suasana dan lupa bahwa media yang digunakan itu adalah ponsel layar sentuh dan bukan stick console. Sehingga secara tidak sadar anda menekan layar terlalu keras. Jika kebiasaan ini dilakukan secara berlulang akan berakibat buruk terhadap layar ponsel bahkan dapat merusak LCD.  Stick yang dibuat khusus untuk bermain game saja bisa rusak jika ditekan terlalu keras apalagi ponsel layar sentuh. Maka dari itu sebaiknya anda harus menggunakan layar ponsel tersebut dengan baik.

5. Gunakan Pelindung Layar.

Pelindung Layar merupakan aksesoris yang wajib dipakai oleh ponsel layar sentuh. Meskipun ponsel tersebut sudah dibekali dengan teknologi Corning Gorilla Glass, Dragontrail Glass, Resistant Glass dan semacamnya. Menurut pengalaman saya bahwa Corning Gorilla Glass juga dapat pecah jika terjatuh. Hal ini terlihat dari beberapa ponsel yang menggunakan teknologi tersebut seperti Asus Zenfone 4, 5, 6, Xiaomi yang menggunakan Corning Gorilla Glass 1. Jadi untuk berjaga - jaga sebaiknya anda membeli pelindung lain supaya menambah ketahanan dari layar tersebut. Dengan catatan pelindung itu harus lebih baik dari pelindung layar sebelumnya. Ada beberapa jenis aksesoris layar yang dijual dipasaran, dan masing - masing memiliki fungsi yang berbeda. Jadi silahkan anda pilih sesuai kebutuhan.

6. Jauhkan Dari Benda Tajam dan Hindari Suhu Panas.

Memiliki ponsel layar sentuh harus melakukan pengawasan extra terhadap layar ponselnya. Karena semua pengoprasiannya menggunakan layar. Maka dari itu sebaiknya anda jauhkan ponsel tersebut dari benda tajam seperti pisau, gunting, dan benda tajam lainnya. Agar layar tersebut tetap aman dan mulus tanpa goresan. Serta anda jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan ponsel apalagi sampai membuat perangkat panas. Jika itu terjadi maka akan membuat sistem tidak stabil dan membuat touchscreen error. Bahkan dapat merusak komponen penting yang ada didalam ponsel.

7. Harus Menggunakan Jari.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas bahwa teknologi Touchscreen rentan terhadap kerusakan. Maka dari itu, sebaiknya anda hanya menggunakan jari untuk pengoprasiannya dan tidak dianjurkan menggunakan kuku. Karena dikhawatirkan kuku anda tajam. Sehingga dapat menimbulkan goresan terhadap layar sentuh tersebut. Atau jika ingin menggunakan alat sebaiknnya anda gunakan alat khusus untuk mengoprasikan touchscreen.

Kesimpulan.

Kesimpulan dari artikel ini adalah anda harus lebih bijak dalam menggunakan ponsel layar sentuh. Karena jika layar tersebut sudah rusak dan harus melakukan pergantian akan membutuhkan biaya lumayan mahal. Jadi sebaiknya anda harus merawat ponsel sebaik mungkin. Sekian informasi yang bisa kami berikan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Mau dapet info gratis melalu email?

1 Response to "Cara Terbaik Merawat Layar Sentuh HP Agar Tetap Awet dan Bagus."

  1. ane setuju ama yg pake TG aja bre , soalnya selain aman, juga sebagai pelindung layar jika jatu dan sebagainya jadi kalau pecah yg peca TG nya dulu jadi si layar LCD masih aman :D o iya sekalian titip link ya bre http://regaldroid.com/2017/03/30/unlock-bootloader-redmi-note-3-pro-miui-8-marsmallow/

    BalasHapus

Follow by Email