Deretan Aplikasi Smartphone Yang Menyebabkan Kuota Internet Boros.

Daftar aplikasi yang menyebabkan kuota internet cepat habis

Apakah kamu pernah merasa kuota internet boros ?

Mungkin salah satu penyebabnya adalah aplikasi. Sebagian dari kita mungkin belum menyadarinya bahwa aplikasi yang biasa kita pasang dapat menyebabkan kuota internet boros. Apalagi harga paket data lumayan mahal, tentu kamu tidak ingin uang jajan hanya dihabiskan untuk membeli data internet. Dalam postingan ini androidkuma akan membagikan sedikit informasi mengenai aplikasi yang membuat kuota internet boros. Jadi kamu bisa sedikit lebih tahu ternyata aplikasi yang selama ini kamu pasang membutuhkan data yang cukup besar.

Daftar aplikasi yang membuat paket data cepat habis.

Bagi kamu yang ingin sedikit berhemat data internet, maka gunakanlah aplikasi dibawah ini sebaik mungkin. Agar pemakaiannya lebih teratur dengan begitu paket data akan bertahan lebih lama dari biasanya.

1. Line.

Line merupakan aplikasi pengirim pesan instan yang cukup populer dikalangan pengguna smartphone. Selain itu banyak sekali keggunaan aplikasi ini seperti pagilan suara, chatting, video call, dan masih banyak fitur lain yang dimiliki aplikasi ini. Akan tetapi sangat disayangkan dengan banyaknya fitur yang ada, ternyata Line membutuhkan konsumsi data yang cukup besar. Otomatis kuota internet akan cepat habis.

Jika kamu ingin menggunakan Line tapi dengan konsumsi data yang rendah sebaiknya gunakan Line Lite. Meskipun fitur aplikasi ini tidak selengkap yang standard, namun ini menjadi salah satu alternatif dalam menghemat kuota internet.

2. Instagram.

Aplikasi intagram menjadi salah satu penyebab paket data cepat habis. Hal ini dikarenakan instagram merupakan sosial media untuk berbagi foto dan video. Apalagi terdapat fitur autoplay yang cukup menguras data. Namun, ada solusi untuk menghemat kuota ketika membuka instagram. Caranya kamu masuk ke profil, kemudian klik option → pilih Celular Data Use → pilih Use Less Data. Ini hanya untuk memuat foto dan video menjadi lebih lama. Tapi belum ada solusi untuk menonaktifkan fitur autoplay. Sebaiknya kamu juga jangan terlalu sering membuka instagram stories dan live stories agar kuota internet tidak terkuras dengan cepat.

3. Youtube.

Kamu pasti sudah tahu bahwa aplikasi ini paling banyak menghabiskan kuota internet. Aplikasi yang dikembangkan oleh google merupkan layanan untuk berbagi video kepada publik. Setiap kamu menonton video di youtube kouta internet akan terkuras dengan cepat, apalagi video tersebut memiliki resolusi yang cukup besar yaitu HD. Tapi ada solusi untuk bisa menghemat kuota dalam menonton video di youtube. Karena sekarang google telah memberikan fitur mode offline. Dengan begitu video bisa kamu tonton secara offline, dengan cara mengunduhnya terlebih dahulu. Kamu bisa memilih kualitas video yang ingin kamu unduh. Ini merupkan cara terbaik untuk menghemat kuota internet.

4. Google Maps.

Google maps merupakan layanan yang diberikan Google untuk memudahkan pengguna dalam melakukan perjalanan. Banyak sekali fitur yng dimiliki aplikasi ini seperti petunjuk arah, informasi rute bebas macet, rute sepeda, dan masih banyak fitur lain yang berguna. Tapi semua itu harus dibayar dengan konsumsi data internet yang cukup besar. Jika aplikasi ini berjalan terlalu lama tentu kuota internet kamu akan cepat habis. Untuk mengatasi masalah ini Google telah memberikan solusinya dengan menambahkan fitur mode offline. Ini merupakan fitur terbaru yang ada di Google Maps. Untuk mengaktifkannya silahkan baca Cara Menggunakan Aplikasi Google Maps Secara Offline.

5. Game Online.

Bermain game online merupakan kegiatan yang menyenangkan. Banyak sekali kelebihan game online dibandingkan game offline. Namun, kamu juga harus siap menerima resiko untuk memainkan game online. Ada beberapa game yang dapat membuat kuota kamu boros, karena membutuhkan sinyal yang cukup kuat dan otomatis kuota akan terkuras dengan cepat. Salah satu game itu adalah Clash Royale. Berbeda dengan saudara tuanya yaitu COC yang cukup hemat kuota. Clash Royale justru membutuhkan konsumsi data yang cukup besar. Sebaiknya kamu harus mengurangi waktu dalam memainkan game ini untuk meminimalisir jebolnya kuota internet.

6. Bigo Live.

Bigo live merupakan aplikasi video chatting yang sangat popular di kalangan pengguna smartphone. Dalam aplikasi ini kamu bisa melakukan siaran langsung dan dilihat oleh pengguna lain diseluruh dunia. Serta pengguna juga dapat memberikan reward dalam bentuk GIFT. Kabarnya GIFT tersebut dapat mendatangkan pundi - pundi rupiah. Tentu hal ini sangat menguntungkan untuk yang mendapatkannya. Akan tetapi semua keseruan tersebut akan dibayar oleh kuota internet yang membengkak. Hal ini tidak masalah bagi yang sudah mendapatkan rupiah dari aplikasi tersebut. Namun, untuk kamu yang tidak mendapatkanya pasti akan menjadi masalah karena kuota bulanan kamu akan habis dalam waktu dekat. Sebaiknya kamu matikan notifikasi bigo agar data sedikit lebih hemat.


Itulah bebrapa aplikasi yang menyebabkan kuota internet cepat habis. Maka dari itu sebaiknya kamu harus lebih bijak dalam menggunakan aplikasi. Dengan begitu kuota internet akan lebih terkontrol.

Mau dapet info gratis melalu email?

0 Response to "Deretan Aplikasi Smartphone Yang Menyebabkan Kuota Internet Boros."

Posting Komentar

Follow by Email