Cara Mengatasi HP Android Lemot Dengan Mudah

Smartphone bisa menjadi kebutuhan utama bagi semua orang di seluruh dunia. Di indonesia sendiri, smartphone sangat mudah untuk kita dapatkan. Hanya dengan mengeluarkan uang 500 ribu kita bisa memiliki sebuah smartphone android dengan spesifikasi lumayan. Tapi ada sedikit kekurangan yang bisa kamu rasakan ketika sedang mengoprasikan smartphone tersebut, salah satunya kinerja yang di berikan akan terasa lemot. Di karenakan kapasitas ruang penyimpanan dan RAM tidak cukup besar dalam menampung banyak aplikasi. Bahkan tidak hanya smartphone dengan RAM kecil saja, RAM yang besar juga pasti akan mengalami kondisi lemot jika terlalu berlebihan dalam menggunakannya. Kinerja android terasa lemot merupakan masalah yang cukup membuat kita kesal, sebaiknya harus segera di atasi.

5 Cara jitu mengatasi android yang lemot.

Cara-jitu-mengatasi-android-lemot

Di postingan kali ini androidkuma akan berbagi tips jitu mengatasi android yang selalu lemot. Sebenarnya memaksimalkan kinerja android agar selalu cepat dan lancar itu cukup mudah. Berikut adalah langkah - langkahnya.

1. Kosongkan memori internal.

Salah satu penyebab android lemot adalah memori internal penuh. Sebaiknya kamu harus perhatikan kapasitas yang tersedia di memori internal dengan cara melihatnya di pengaturan penyimpanan. Ada beberapa faktor yang membuat memori penuh, seperti banyak aplikasi, game, cache, dan file lain yang tersimpan. Solusinya kamu harus menghapus beberapa aplikasi dan game yang sudah tidak di gunakan atau memindahkannya ke SD Card, serta membersihkan semua cache yang ada. Untuk membersihkan cache kamu bisa masuk ke mode recovery lalu pilih wipe cache atau menggunakan aplikasi pembersih. Saya sudah membuat artikel tentang Aplikasi Cleaner Terbaik silahkan klik tautan tersebut.

2. Tutup aplikasi yang tidak digunakan.

Sebagian pengguna smartphone biasanya suka lupa dalam menutup aplikasi yang sudah digunakan. Aplikasi yang belum di tutup secara otomatis akan tetap berjalan di latar belakang. Hal ini membuat prosesor bekerja dengan berat, sehingga mengakibatkan kinerja kurang maksimal dan loading menjadi lambat. Lebih baik kamu tutup setelah menjalankan aplikasi tersebut dan jangan jalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

3. Ringankan kinerja RAM.

Banyaknya aplikasi yang terinstall tidak hanya membuat memori internal penuh tapi juga bisa membebani RAM. Akan ada banyak sekali aplikasi yang berjalan di latar belakang yang akhirnya membuat peforma android menjadi jelek. Sebaiknya hapus beberapa aplikasi dan game yang berukuran besar agar RAM sedikit lebih longgar. Silahkan kamu baca artikel Cara Menambah Kapasitas RAM, mungkin bisa sedikit membantu.

4. Kurangi pemakaian widget.

Memasang banyak widget memang akan memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi yang diinginkan. Di samping itu ternyata memasang widget terlalu berlebihan bisa mengakibatkan android menjadi lemot dan lambat. Agar hal itu tidak terjadi, sebaiknya kurangi pemakaian widget dan guanakan widget yang menurut kamu penting saja usahakan jangan lebih dari 3.

5. Reset ulang.

Cara terakhir ini sangat ampuh sekali dalam mengatasi android yang lemot. Karena dengan melakukan factory reset atau reset ulang, semua sampah dan aplikasi yang tidak dipakai akan terhapus secara otomatis. Namun, sebaiknya kamu backup terlebih dahulu file dan aplikasi yang menurut kamu penting. Karena cara ini cukup beresiko, bisa menghapus semua data yang tersimpan di memori internal. Tapi hasilnya cukup memuaskan dikarenakan smartphone kembali ke pengaturan awal dan pastinya akan lancar seperti baru pertama kali beli. Berikut Cara Factory Reset Android.

Nah, itulah cara mengatasi android yang lemot. Semoga tips yang saya bagikan bisa bermanfaat buat kamu. Terima kasih sudah berkunjung.

Mau dapet info gratis melalu email?

0 Response to "Cara Mengatasi HP Android Lemot Dengan Mudah"

Posting Komentar

Follow by Email