Cara Factory Reset atau Hard Reset Android Terbaru

Diposting pada 147 views

Cara Factory Reset atau Hard Reset Android – Factory Reset adalah salah satu metode yang biasa dilakukan oleh pengguna android untuk memperbaiki beberapa masalah pada perangkat mereka.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan setelah melakukan Factory Reset pada smartphone android. Salah satunya kinerja ponsel menjadi lebih ringan dan lancar, seperti pertama kali membelinya.

Ya, dengan melakukan factory reset smartphone android akan kembali ke setelan awal dan menghapus semua data yang tersimpan di memori Internal. Factory Reset bisa juga di sebut Kembali ke Setelan Pabrik atau Hard Reset.

Seseorang yang ingin melakukan Factory Reset dikarenakan smartphone mereka mengalami masalah kerusakan sistem, atau kinerja Android yang mulai menurun, lemot. Jadi, setelah melakukan Factory Reset smartphone android akan kembali normal dan tentu kinerja akan terasa lancar seperti pertama kali membelinya.

 

3 Cara Factory Reset atau Hard Reset Android.

Cara Factory Reset atau Hard Reset Android Terbaru

Untuk melakukan Factory Reset atau Hard Reset Android ada 3 metode yang bisa kamu lakukan. Dari ketiganya cukup pilih salah satu yang menurutmu mudah. Berikut ini kami berikan ulasan lengkap mengenai Cara Factory Reset atau Hard Reset Android.

 

1. Cara Factory Reset melalui Menu Setelan.

Cara Factory Reset yang pertama yaitu melalui menu setelan. Cara ini bisa kamu lakukan apabila smartphone masih bisa mengakses menu setelan. Tapi jangan lupa, sebelum melakukan factory reset sebaiknya kamu harus membackup terlebih dulu data dan file yang ada di memori internal ke memori eksternal. Agar file tersebut tidak ikut terhapus. Untuk langkah – langkahnya silahkan simak dibawah ini.

 

  • Pertama yang harus kamu lakukan disini yaitu backup terlebih dahulu data dan file yang menurutmu penting, seperti foto dan lainnya.
  • Kemudian masuk ke Setelan.
  • Lalu scroll kebawah dan cari menu cadangkan dan reset.
  • Kemudian klik cadangkan ke kartu SD.
  • Setelah di cadangkan pilih setelan pabrik, lalu klik Reset Device ( reset ulang telepon ).
  • Tunggu prosesnya hingga selesai. Biasanya butuh waktu 10 menit. Setelah selesai android akan melakukan Reboot / Restart sendiri. Tapi jika tidak, silahkan restart secara manual.

 

2. Cara Factory Reset lewat kode rahasia.

Cara kedua untuk Factory Reset atau Hard Reset android adalah dengan mengakses kode rahasia. Agar cara ini berjalan lancar, pastikan Keyboard android masih bisa di akses.

Karena untuk mengaktifkan kode rahasia ini kamu perlu memasukan beberaka digit angka di menu pemanggil atau yang biasa kamu gunakan untuk mengetik nomor telepon atau mengecek pulsa. Cukup ketikan kode *2767*3855#. Dan tunggu proses reset sampai selesai.

Baca Juga :

 

3. Cara Factory Reset Dengan Masuk ke Menu Recovery Mode.

Langkah terakhir ini adalah langkah paling jitu untuk mereset ulang android. Dan kebanyakan pengguna sering melakukan Factory Reset dengan cara ini, khususnya bagi mereka yang smartphonenya sudah tidak bisa di akses lagi. Seperti hang, bootloop ringan dan yang lainnya. Dan perlu kamu ketahui, untuk mengakses mode Recovery setiap smartphone memiliki cara yang berbeda.

Pastikan semua tombol masih berfungsi agar prosesnya bisa berjalan lancar. Sebagai contoh, dibawah ini tombol kombinasi dari HP SAMSUNG.

  • Langkah pertama pastikan baterai smartphone di atas 60%. Agar smartphone tidak kehabisan daya dan mati di tengah porses yang sedang berlangsung.
  • Setelah itu matikan smartphone. Untuk masuk ke menu Recovery Mode Smartphone android kamu harus dalam keadaan mati ( Off ).
  • Selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume UP + HOME + POWER secara bersamaan dan jangan dilepas sampai gambar android muncul.
  • Gunakan tombol volume untuk memilih atau navigasi.
  • Pilih menu factory reset / wipe data.
  • Kemudian tekan tombol Power (OK) untuk memulai prosesnya.
  • Tunggu beberapa menit sampai prosesnya selesai. Setelah itu pilih menu Reboot System Now untuk merestart android.

INGAT !! Untuk masuk ke menu recovery mode hanya dapat dilakukan dalam keadaan smartphone android mati (Off).

 

Cara Masuk Menu Recovery Mode Untuk Beberapa Merk Android.

Acer be touch E210 : Tekan dan tahan tombol Volume DOWN + tombol CAMERA + POWER.

ADVAN T1C :Tekan tombol POWER setelah mulai start – up, tekan tombol Volume DOWN hingga keluar gambar android. Setelah itu tekan tombol HOME atau MENU.

ASUS Zenfone : Tekan dan tahan Volume UP + POWER, kemudian akan masuk ke mode Fastboot Mode. Setelah masuk Recovery tekan POWER  untuk ” OK ” dan Volume untuk navigasi.

CROSS : Tekan dan tahan tombol HOME + Volume DOWN + POWER secara bersamaan, jangan dilepas sampai muncul gambar android.

HUAWEI : Tekan dan tahan tombol Volume UP + POWER secara bersamaan.

IMO : Tekan dan tahan tombol Volume DOWN + POWER, saat ada tampilan IMO lepas tombol POWER ( Tombol Volume tetap di tahan ).

LENOVO : Tekan dan tahan Volume DOWN + POWER secara bersamaan, setelah muncul peringatan tekan tombol Volume UP.

SAMSUNG : Tekan dan tahan tombol Volume UP + POWER + HOME secara bersamaan, jangan dilepas sampai muncul gambar android.

SMARTFREN ANDROMAX : Tekan dan tahan tombol POWER + Volume DOWN secara bersamaan, jangan dilepas sampai muncul gambar android.

XIAOMI : Tekan dan tahan tombol POWER + Volume UP secara bersamaan, kemudian akan masuk kemenu Fastboot mode, setelah itu pilih menu recovery.

ItulahCara Factory Reset atau Hard Android Terbaru. Semoga artikel ini dapat membantu kamu. Dan tunggu artikel kami selanjutnya. Jangan lupa share ya sobat!! Terima kasih!!

3 thoughts on “Cara Factory Reset atau Hard Reset Android Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *