HOME
Home » PC / Laptop » Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Cepat Kembali

Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Cepat Kembali

Posted at April 28th, 2018 | Categorised in PC / Laptop

Cara Mengatasi Laptop Lemot — Dizaman sekarang, laptop merupakan barang sangat penting bagi beberapa orang, khususnya didunia perkuliahan dan perkantoran. Pasalnya, banyak aktivitas sehari – hari yang berhubungan dengan laptop. Mulai dari mengerjakan tugas kantor, tugas kuliah, dan masih banyak lagi.

Namun, apa jadinya jika Laptop yang kamu punya memiliki kinerja sangat lambat dan lemot ?

Tentu, hal ini bisa mengganggu aktivitas yang sedang kamu kerjakan. Karena, kamu bisa saja dibuat kesal dan akhirnya pekerjaan tersebut berantakan sebab hilang konsentrasi, dikarenakan laptop yang digunakan lemot.

Agar tidak menjadi masalah berkelanjutan, sebaiknya kamu segera memperbaiki laptop lemot tersebut. Dengan begitu, semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat.

Lalu, bagaimana cara mengatasi Laptop lemot ?

 

Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kinerja kembali Cepat.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Cepat KembaliBuat yang belum tahu cara mengatasinya tenang saja, dalam artikel ini androidkuma akan membagikan cara mengatasi laptop lemot agar cepat kembali. Jadi, kamu bisa memperbaikinya sendiri tanpa perlu dibawa ke tukang service. Sehingga bisa menghemat biaya kamu.

Nah, tanpa berlama – lama langsung saja kita bahas ke pokok utama yaitu, cara mengatasi laptop lemot agar memiliki kinerja cepat seperti semula. Berikut langkah – langkahnya.

 

1. Upgrade RAM.

RAM merupakan salah satu penyebab kenapa laptop atau komputer kamu lemot. Kapasitas RAM yang tidak sebanding dengan pemakaiannya, bisa membuatnya terbebani. Otomatis kinerja pun akan semakin lambat dan lemot. Untuk itu, sebaiknya segera lakukan upgrade RAM agar kinerja Laptop bisa semakin cepat.

Selain itu, semakin berkembangnya teknologi kebutuhan software juga lebih besar. Sehingga, minimal RAM yang diperlukan sebesar 4GB atau 8GB. Kapasitas sebesar ini saya rasa sangat cukup buat kamu yang menginginkan laptop memiliki kinerja cepat. Tentu, jika ingin melakukannya membutuhkan biaya yang lumanayan mahal.

 

2. Uninstall beberapa Software yang tidak dipakai.

Memiliki banyak software yang terinstall juga bisa membuat kinerja Laptop Lemot. Apalagi, jika tidak diimbangi dengan kapasitas RAM yang memumpuni. Untuk itu, sebaiknya kamu pilih software mana saja yang sangat penting dan perlu dipasang. Dan hapus software yang menurut kamu tidak terlalu penting. Agar kinerja laptop bisa lebih stabil.

 

3. Hindari Multitasking.

Membuka banyak aplikasi sekaligus awalnya bertujuan untuk mempercepat pekerjaan kita. Namun, jika kinerja laptop dipaksakan hal ini malah membuat pekerjaan semakin lama. Karena respons laptop akan sangat lambat. Sebaiknya kamu lakukan multitasking dengan wajar. Jika memang sangat diperlukan lebih baik jalankan 2 aplikasi saja. Selain itu, kamu juga harus bisa menyesuaikan dengan spesifikasi laptop yang kamu gunakan.

 

4. Install Anti Virus.

Cara Selanjutnya ialah memasang Anti Virus. Anti virus merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga Laptop dari serangan malware / Virus. Pasalnya, jika Laptop sudah terserang virus, hal ini bisa membuat beberapa sistem menjadi error yang akhirnya kinerja laptop menjadi lemot. Selain itu, kamu juga harus sering melakukan update anti virus apabila sudah tersedia versi terbaru. Dan gunakanlah 1 anti virus saja.

 

5. Nonaktfikan beberapa Startup Program.

Ketika kamu mulai menyalakan laptop, maka secara otomatis beberapa program startup akan berjalan secara bersamaan. Yang kamu harus lakukan ialah menonaktifkan beberapa program startup tersebut. Untuk caranya lihat dibawah ini.

  • Tekan tombol Windows+R.
  • Ketik msconfig.
  • Dibagian System Configuration, pilih tab Startup.
  • Selanjutnya, silahkan pilih program yang ingin kamu Disable.

Ketika kamu ingin mendisable beberapa program, pastikan untuk tidak mendisable program penting. Karena jika kamu salah menonaktifkan program bisa membuat sistem error.

 

6. Bersihkan Temporary File.

Temporary File dibuat untuk menyimpan data sementara dari hasil Instalasi program atau file hasil konfigurasi. Banyaknya file temporary yang menumpuk bisa membuat kinerja laptop lemot.File pada recycle bin juga perlu kamu bersihkan. Disini kamu bisa gunakan aplikasi CCleaner untuk membersihkan semua file yang sudah tidak diperlukan dengan cepat.

 

7. Rajin membersihkan Hardware.

Satu hal yang jarang dilakukan oleh pengguna Laptop atau PC ialah jarang membersihkan jeroan dari perangkat tersebut. Melakukan perawatan hardware juga hal yang sangat penting dalam menjaga kinerja laptop tetap prima.

Sebaiknya, lakukan pembersihan hardware secara berkala, agar bersih dari kotoran atau debu. Karena jika terdapat banyak debu bisa mengganggu kinerja laptop dan membuatnya cepat panas. Pembersihan hardware harus dilakukan dalam keadaan kering dan jangan gunakan air. Buat yang bingung bagaimana membersihkannya, kamu bisa tonton video tutorial di Youtube.

Demikian panduan mengenai cara mengatasi laptop lemot agar cepat kembali. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat buat kamu. Terimakasih sudah berkunjung.

Related Post to Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Cepat Kembali


error: Content is protected !!