Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca / Tidak Terdeteksi

Cara mengatasi memory card tidak terbaca

Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca – Hampir semua jenis smartphone membutuhkan ruang penyimpanan tambahan untuk memperluas kapasitas penyimpanan, agar pengguna bisa lebih leluasa ketika ingin menyimpan banyak file di perangkat tersebut. Sehingga tidak sedikit Vendor yang menyediakan slot kartu memori untuk smartphonenya, meskipun smartphone tersebut memiliki kapasitas internal yang besar.

Dengan adanya slot Memory Card (SD Card) pengguna bisa leluasa untuk menyimpan berbagai file seperti foto, video, musik, dan file penting lainnya. Dan apabila terjadi bootloop pada HP, file yang ada di kartu memori tidak akan hilang. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika HP mengalami kerusakan, sebab file yang tersimpan di Memory Card akan tetap aman.

Lalu bagaimanan jika Memory Card yang rusak ?

Jika yang rusak adalah memory card, kamu jangan dulu panik. Dalam beberapa kasus kerusakan kartu memori masih bisa di atasi dengan beberapa cara sederhana. Misalnya, Memory Card tidak bisa dibaca atau Error. Untuk masalah memory card tidak bisa dibaca masih bisa kita atasi sendiri.

Namun, lain lagi jika memori tersebut rusak parah, seperti patah atau kerusakan lain yang tidak memungkinkan untuk diperbaiki.

Baca Juga : Bingung! Hapus Cache Aplikasi Dan Hapus Data Aplikasi, Simak Perbedaannya!

 

3 Langkah mengatasi memory card tidak terbaca di HP.

Cara mengatasi memory card tidak terbaca

Untuk masalah kerusakan ringan pada memory card, kali ini androidkuma akan membagikan tutorial cara mengatasi memory card tidak terbaca di HP. Nah, buat kamu yang mengalami masalah seperti ini, kamu bisa ikuti panduan yang ada di artikel ini. Prosesnya juga cukup mudah untuk dilakukan. Jadi, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Pindahkan Memory Card ke HP lain.

Untuk solusi pertama coba kamu pindahkan memory card yang rusak ke HP yang lainnya. Ini untuk memastikan apakah memory card atau slot kartu memori yang rusak. Jika di HP yang lain memory card bisa terbaca kemungkinan masalah terdapat pada hp kamu. Jadi dengan begini kamu bisa tahu akar masalah tersebut dari mana. Apabila tetap tidak terbaca, coba lakukan pembersihan kartu memori dengan cara no 2.

 

2. Bersihkan kartu memori.

Langkah berikutnya kamu bisa coba membersihkan kartu memori. Biasanya penyebab memory card tidak terbaca ialah memory card tersebut kotor. Untuk membersihkannya kamu bisa gunakan minyak kayu putih dan lap microfiber atau kain halus. Caranya.

  • Matikan HP.
  • Setelah HP dalam keadaan nonaktif / mati, copot kartu memori di HP kamu.
  • Teteskan minyak kayu putih (satu tetes saja) pada lap microfiber atau kain halus lainnya, kemudian gosok ke area kartu memori secara perlahan. Khususnya pada bagian lempengan kuningan.
  • Lalu keringkan dengan lap kering.
  • Pasangkan kembali kartu memori ke HP.
  • Lihat apakah sudah terdeteksi atau belum.

Biasanya dalam beberapa kasus, cara ini sudah bisa mengatasi memory card tidak terbaca di HP. Namun, bila tidak ada perubahan terpaksa harus melakukan format pada memory card kamu.

 

3. Format memory card.

Solusi ketiga untuk memperbaiki memory card tidak terbaca atau error adalah dengan melakukan format. Jika melakukan hal ini, itu berarti kamu harus rela kehilangan semua file yang tersimpan di dalamnya. Tidak hanya file kamu saja, semua file jahat seperti malware/virus yang menyebabkan memory card error juga akan terhapus. Jika ingin melakukan format, kamu bisa lihat langkah – langkah dibawah ini.

  • Masuk ke menu pengaturan HP.
  • Pilih menu penyimpanan.
  • Cari dan klik pilihan Format SDCard.
  • Maka proses format sdcard akan berjalan, tunggu saja hingga selesai.

Dengan begitu, memory card kamu akan kembali seperti baru pertama kali membeli. Biasanya untuk kasus memory card terkena virus dengan melakukan format sudah bisa memperbaiki memori card tersebut.

Mungkin itu saja cara mengatasi memory card tidak terbaca yang bisa saya bagikan. Jika kamu memiliki cara yang lain, silahkan berbagi di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *