Cara Menghapus Virus Iklan Yang Muncul Di Layar Android

Diposting pada 145 views

Cara Menghapus Virus Iklan – Iklan yang muncul pada aplikasi atau game sebenarnya hal yang wajar. Terlebih lagi untuk aplikasi atau game yang kamu unduh secara gratis, pasti terdapat iklan yang muncul. Karena iklan merupakan sumber penghasilan mereka (Dev) untuk tetap bertahan dalam membuat game dan aplikasi.

Namun, yang jadi masalah disini ialah iklan mucul secara berlebihan dan memiliki prilaku tidak wajar. Tentu jika hal ini terjadi pasti akan mengganggu aktifitas kamu dalam mengoprasikan android. Misalnya, muncul iklan melayang dilayar android kamu dan tidak bisa di tutup, padahal kamu tidak membuka aplikasi dan game. Sering mendownload aplikasi yang tidak diinginkan secara otomatis.

Selain itu, virus iklan juga akan mengakibatkan kinerja smartphone terhambat. Mulai dari baterai hp menjadi boros, HP terasa lebih lemot, dan membuat kuota internet cepat habis.

Jika android kamu memiliki prilaku di atas, sudah dipastikan perangkat tersebut terkena virus iklan.

 

3 Cara menghapus virus iklan yang muncul di layar android secara permanen.

Cara Menghilangkan Virus Iklan Di Android Secara Permanen

Maka dari itu, dalam postingan kali ini androidkuma akan membagikan beberapa tips bagaimana menghapus virus iklan yang muncul dilayar android. Jadi kamu tidak lagi menemukan iklan mengganggu di perangkat android yang digunakan. Sehingga kamu akan lebih nyaman dalam mengoprasikan android. Yuk, langsung saja ikuti panduan dibawah ini.

 

1. Hapus aplikasi yang terinfeksi virus.

Cara pertama untuk menghilangkan virus iklan di android ialah dengan menguninstall aplikasi yang terinfeksi. Untuk mengenali aplikasi mana saja yang sudah terinfeksi virus sebenarnya cukup mudah dilakukan. Biasanya aplikasi yang tersedia diluar dari Google Playstore kebanyakan sudah disisipi virus, seperti MOD, aplikasi bajakan, dan aplikasi berbayar yang ada di playstore tapi diberikan secara gratis di situs lain.

Akan tetapi, beberapa aplikasi dan game yang tersedia di play store juga tidak 100% bersih. Jika kamu menemukan kejanggalan setelah menginstallnya, sebaiknya segera uninstall aplikasi / game tersebut. Namun, sebelum menguninstall aplikasi tersebut lebih baik kamu lakukan hapus cache dan hapus data aplikasi terlebih dahulu, setelah itu hapus aplikasinya.

 

2. Factory Reset.

Jika sudah menghapus aplikasi yang bersangkutan dan iklan masih saja muncul, segera lakukan factory reset.  Dengan melakukan factory reset, perangkat akan kembali ke setelan pabrik. Sebelum melakukan langkah ini, sebaiknya pindahkan file penting seperti foto, no kontak, dan beberapa file lain ke kartu memori. Untuk no kontak bisa kamu pindahkan ke simcard.

Cara factory reset atau reset ulang.

  • Matikan HP android.
  • Tekan dan tahan tombol Power + Home + Volume Up secara bersamaan. Jika tidak ada tombol Home, cukup tekan Tombol Power dan Volume Up saja.
  • Setelah masuk ke Mode Recovery, selanjutnya pilih Wipe Data / Factory Reset dan tekan tombol Power (OK).
  • Terakhir Reboot / Restart HP

Untuk informasi lengkap mengenai factory reset, silahkan baca artikel Cara Factory Reset atau Reset Ulang Android Terbaru.

 

3. Lalukan Flashing.

Apabila kedua langkah diatas tetap tidak berhasil, langkah terakhir yang harus dilakukan ialah dengan melakukan flashing atau menginstall ulang ROM / Firmware. Karena flashing merupakan solusi paling ampuh untuk mengatasi berbagai masalah sistem pada smartphone android. Mengenai cara flashing, kamu bisa mencarinya di Google. Karena setiap HP membutuhkan firmware yang berbeda.

Demikian tutorial cara menghapus virus iklan yang muncul di android yang bisa saya bagikan. Dengan mengikuti panduan diatas, virus iklan akan hilang secara permanen. Dengan begitu android bisa kembali normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *