Cara Mengatasi Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti

Cara mengatasi sayangnya google play store telah berhenti

Buat kamu pengguna android pasti sudah tahu aplikasi Google Play Store. Aplikasi tersebut merupakan hal yang wajib dimiliki oleh sebuah smartphone android. Karena, semua software yang kita butuhkan sudah tersedia disana dan tentu cukup aman dari malware. Namun, apa jadinya jika aplikasi Google Playstore tiba – tiba Error, salah satunya sering muncul notifikasi Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti, atau Unfortunately Google Play Store Has Stopped.

Masalah seperti ini sebenarnya sudah biasa dialami oleh smartphone android. Bahkan, tidak hanya aplikasi Google Play Store saja aplikasi lain seperti Facebook, BBM, WA, dan lain – lain  juga sering mengalami hal ini.

 

3 Cara Mengatasi Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti.

Cara mengatasi sayangnya google play store telah berhenti

Nah, jika kamu mengalami error pada Google Play Store tiba – tiba berhenti. Di postingan ini androidkuma akan membagikan sebuah tips mengenai cara mengatasi sayangnya Google Play Store telah berhenti. Untuk ulasan lengkapnya langsung saja simak panduan di bawah ini.

 

1. Bersihkan Cache Aplikasi Google Play Store.

Mengatasi google play store tiba - tiba berhenti

Banyaknya cache yang tersimpan di sebuah aplikasi bisa jadi penyebab aplikasi tersebut Force Close. Mungkin ini menjadi alasan kenapa muncul notifikasi Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti. Untuk itu mulai dari sekarang kamu harus selalu membersihkan Cache aplikasi secara berkala. Untuk caranya, silahkan lihat langkah – langkah berikut :

 

  1. Masuk ke Pengaturan Telepon.
  2. Pilih Manager Aplikasi.
  3. Pilih Semua Aplikasi. Lalu cari dan pilih aplikasi Google Playstore.
  4. Selanjutnya pilih Clear Cache / Hapus Cache.

 

2. Hapus Data Aplikasi Google Playstore.

Cara kedua ini sebenarnya hampir sama seperti hapus Cache. Namun, perbedaanya dengang menghapus data aplikasi Google Play Store maka semua data yang sudah di setting akan terhapus. Sehingga kamu perlu setting ulang aplikasi Google Play Store dari awal. Lebih tepatnya aplikasi tersebut akan terlihat seperti baru pertama kali install. Sehingga kamu perlu log in kembali dengan memasukan akun Gmail ketika membuka aplikasi tersebut. Dalam beberapa kasus, cara ini cukup berhasil untuk memperbaiki sayangnya Google Play Store Telah Berhenti.

Untuk melakukan hapus data aplikasi Google Play Store caranya sama seperti hapus cache, namun di tahap terakhir kamu harus memilih Hapus Data.

 

3. Update Aplikasi Google Play Store.

Mengatasi Google play store force close

Jika kedua cara di atas masih tidak berhasil, coba kamu periksa apakah aplikasi Google Play Store sudah berada di versi terbaru. Kemungkinan penyebab dari Google Play Store Error karena aplikasi tersebut berada di versi lama dan sudah usang. Simak cara melihat versi Google Play Store berikut ini.

  1. Buka aplikasi Play Store.
  2. Klik ikon 3 garis horizontal di bagian kiri atas.
  3. Pilih setelan.
  4. Scroll ke bawah dan klik Versi Play Store. Jika memang sudah berada di versi terbaru maka akan muncul notifikasi ” Versi Google Play Store Sudah Yang Terbaru”.

Baca Juga : Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka di Android

Demikian tips cara mengatasi Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti yang bisa di bagikan. Semoga tips ini bisa berguna dan membantu mengatasi masalah seperti di atas. Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk aplikasi lain. Terima kasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *