Cara Mengatasi Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti

Cara mengatasi sayangnya whatsapp telah berhenti

Cara Mengatasi Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti – Saat ini aplikasi Whatsapp telah menduduki peringkat teratas Google Playstore. Aplikasi chatting satu ini memiliki fitur sangat lengkap jika dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya. Selain itu, Whatsapp mudah digunakan sehingga sangat cocok untuk semua kalangan. Dan hampir semua pengguna smartphone sudah memasang aplikasi Whatsapp di perangkatnya.

Namun, tidak selamanya aplikasi tersebut akan berjalan lancar ketika sedang di gunakan. Dan masalah yang biasa terjadi ialah aplikasi Whatsapp tidak bisa di buka atau tiba – tiba berhenti ketika sedang di jalankan, ditandai dengan munculnya notifikasi Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti.

Masalah seperti ini memang sering di alami oleh beberapa smartphone khususnya untuk OS Lolipop ke bawah. Hal ini dikarenakan ada beberapa penyebab yang membuat aplikasi Whatsapp tiba – tiba berhenti, mulai dari banyaknya Cache (file sampah) yang tersimpan, file APK yang rusak, versi aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat, dan lain – lain.

 

Cara Mengatasi Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti.

Cara mengatasi sayangnya whatsapp telah berhenti

Untuk memperbaikinya kali ini androidkuma memiliki tips mengenai cara mengatasi Sayangnya Whatsapp telah berhenti. Buat kamu yang aplikasi WA-nya sedang error, mungkin beberapa panduan ini bisa membantu. Untuk itu langsung saja simak langkah – langkah mengatasi Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti berikut ini.

 

1. Hapus cache aplikasi Whatsapp.

Aplikasi Whatsapp tidak bisa di buka

Hapus cache merupakan tindakan pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki aplikasi Whatsapp yang error. Kebiasaan pengguna smartphone adalah malas membersikan file cache pada setiap aplikasi. Padahal jika cache dibiarkan menumpuk maka akan membuat kinerja aplikasi tersebut semakin berat dan akhirnya tidak stabil. Sehingga aplikasi WA selalu force close dan sering muncul notifikasi Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti.

Maka dari itu, sebaiknya kamu harus selalu membersihkan Cache aplikasi secara rutin, minimal satu minggu sekali. Berikut langkah – langkah hapus cache aplikasi WA secara manual.

  1. Masuk ke menu setelan smartphone.
  2. Cari dan pilih Manager aplikasi atau sejenisnya.
  3. Geser ke kiri dan klik tab semua aplikasi.
  4. Cari dan klik Aplikasi Whatsapp.
  5. Lalu pilih Hapus Cache.
  6. Selanjutnya coba kamu buka aplikasi Whatsapp-nya.

 

2. Hapus data aplikasi Whatsapp.

Jika cara diatas masih belum berhasil, kamu bisa lakukan cara kedua yakni dengan menghapus data aplikasi Whatsapp. Dengan menghapus data aplikasi, maka aplikasi tersebut akan berada di kondisi pertama kali kamu menginstallnya. Karena semua data di dalamnya akan terhapus dan pengaturan akan kembali ke awal. Jadi kamu perlu log in kembali untuk bisa mengaksesnya. Untuk menghapus data aplikasi Whatsapp cukup ikuti langkah di atas dan di langkah ke 5 kamu pilih Hapus Data.

 

3. Update aplikasi Whatsapp.

Aplikasi whatsapp error

Kemungkinan penyebab aplikasi WA telah berhenti ialah versi yang di install masih berada di versi lama. Sehingga file yang ada di dalamnya telah usang dan memerlukan update. Karena terdapat beberapa bug yang harus di perbaiki. Dengan mengupdate aplikasi Whatsapp, kamu akan mendapat beberapa kelebihan, mulai dari membersihkan bugs dan juga bisa menikmati fitur baru yang tersedia.

 

Baca Juga : Cara Mengganti Nada Dering Whatsapp Sesuai Keinginan Sendiri

Maka dari itu, sebaiknya kamu buka Google Play Store dan periksa apakah aplikasi WA kamu sudah berada di versi terbaru atau belum. Jika terdapat pemberitahuan update, maka segera lakukan.

Jika semua cara diatas tidak berhasil, coba kamu hapus dan install ulang aplikasi Whatsapp – nya, selanjutnya Restart / Reboot smartphone. Namun, biasanya cukup dengan melakukan salah satu cara di atas Aplikasi WA kamu bisa kembali normal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *