Cara Menghentikan Update Otomatis Aplikasi Android

Diposting pada 23 views

Bagi pengguna android pasti sering merasa kesal jika tiba – tiba smartphone yang kita gunakan melakukan update otomatis pada aplikasi. Sebenarnya smartphone android memang memiliki fitur auto update untuk aplikasi, yang mana fitur tersebut terletak di aplikasi Google Play Store.

Pada dasarnya, aplikasi Google Playstore akan mengaktifkan atau meng – Enable kan fitur Auto Update secara Default. Jadi setiap ada pembaruan aplikasi, maka aplikasi tersebut akan langsung terupdate.

Dengan aktifnya fitur auto update pada Google Play Store sebenarnya sangat membantu sekali. Karena kita tidak perlu repot – repot lagi melakukannya secara manual. Tapi, tidak semua pengguna menyukai fitur tersebut, saya sendiri kurang suka dengan fitur auto update ini.

Alasanya, fitur ini bisa membuat baterai cepat habis dengan terupdatenya aplikasi secara otomatis, dan yang paling saya tidak suka ialah membuat kuota internet cepat habis. Karena fitur update otomatis bisa membuat aplikasi terupdate kapan saja, baik itu menggunakan Wifi ataupun data internet.

Buat kamu yang tidak menginginkan aplikasi terupdate secara otomatis, kamu harus menonaktifkan fitur auto update yang ada di Google Play Store. Bagi yang belum tahu cara menonaktifkannya tidak perlu khawatir, karena dalam kesempatan kali ini androidkuma akan membagikan tutorial cara menghentikan update aplikasi otomatis di android.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti

 

Cara Menghentikan Update Otomatis Aplikasi Android di Google Play Store .

Cara menghentikan update otomatis di android

Disini saya menggunakan Hp android dengan sistem operasi Nougat dan Google Play Store versi 10. Namun, untuk yang menggunakan versi dibawahnya bisa menyesuaikan. Karena, tampilan dan menunya tidak jauh berbeda. Yuk, langsung saja simak tutorial cara menghentikan update aplikasi otomatis pada Google Play Store berikut ini.

1. Buka aplikasi Google Play Store dan pastikan perangkat kamu terhubung ke internet.

2. Dihalawan awal silahkan klik 3 garis horizontal di sisi kiri atas. Lalu akan ada beberapa pilihan menu, cukup gulir ke bawah dan pilih menu Satelan atau Settings.Cara mematikan fitur auto update aplikasi di Google Play Store

3. Dalam menu Setelan akan ada banyak menu lagi, cukup klik bagian Update aplikasi secara otomatis atau Auto-Update Apps.Cara menghentikan update aplikasi secara otomatis di android

4. Selanjutnya kamu akan melihat  3 pilihan, yakni Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis ( Do-not auto-update apps ), Update Aplikasi Secara Otomatis Kapan Saja. Mungkin dikenakan biaya data (Auto-update apps at anytime. Data charges may apply). Dan Update aplikasi secara otomatis hanya melalui Wifi (Auto update apps over wifi only).

Cara agar aplikasi tidak update otomatis

5. Berhubung kita akan mematikan fitur pembaruan otomatis, jadi disini kita memilih opsi pertama yakni Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis ( Do-not auto-update apps ). Maka fitur auto update telah di nonaktifkan atau Disable. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.

Cara matikan pembaruan otomatis untuk aplikasi di Google Play Store

Sekarang kamu sudah berhasil mematikan fitur auto update. Jadi tidak akan ada lagi aplikasi terupdate secara otomatis.

Demikian tutorial cara menghentikan update otomatis aplikasi android. Semoga informasi ini bisa membantu kamu. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *