HOME
Home » Solusi Android » Tips Merawat Baterai Non Removable Agar Awet

Tips Merawat Baterai Non Removable Agar Awet

Posted at Juli 21st, 2018 | Categorised in Solusi Android

Tips merawat baterai non removable –Saat ini, hampir semua smartphone sudah menggunakan baterai Non Removable. Baterai ini memang digunakan oleh kebanyakan smartphone buatan tahun 2017. Ya, mungkin kamu masih ingat 3 tahun kebelakang Baterai Non Removable masih sangat jarang dan kebanyakan smartphone ditahun itu masih menggunakan baterai Removable.

Hadirnya baterai tanam memang membuat lebih praktis dan simple. Bahkan banyak smartphone dengan baterai non removable memiliki desain yang lebih elegan. Selain itu, pengguna juga tidak perlu repot – repot untuk membuka casing belakang ketika ingin mengganti SIM Card ataupun memasukan SD Card. Karena posisi slot tersebut berada di samping. Dan kebanyakan baterai tanam biasanya sudah memiliki pemutus arus.

Bagi yang baru pertama kali menggunakan smartphone dengan baterai tanam, mungkin akan kesulitan untuk mematikan smartphone tersebut ketika terjadi hang. Sehingga harus menunggu baterai tersebut habis. Ini menjadi kendala yang biasa di alami pengguna smartphone baterai tanam.

Selain itu, smartphone dengan baterai Non Removable membuat kita sulit untuk menggantinya ketika baterai mengalami keruskan, seperti bocor ataupun kembung. Sehingga, pengguna perlu membayar jasa service untuk melakukannya. Terlebih lagi, harga untuk menggantinya tidak semurah dengan baterai Removable. Untuk itu, kamu perlu merawat baterai Non removable dengan baik. Agar baterai tersebut tidak cepat bocor dan awet.

 

6 Tips Merawat Baterai Non Removable Agar Tetap Awet.

Tips Merawat Baterai Non Removable Agar Awet

Soal merawat baterai Non Removable, androidkuma memiliki beberapa tips merawat baterai non removable agar awet. Bagi yang belum tahu cara merawatnya, mungkin beberapa tips ini bisa membantu. Yuk langsung saja simak ulasan dibawah.

 

1. Gunakan Charger Original.

Penggunaan Charger Original memang sangat penting bagi keawetan baterai. Beberapa pengguna mungkin beranggapan bahwa charger tidak berpengaruh pada umur baterai. Dan tidak sedikit juga pengguna melakukan pengisian dengan charger lain.

Namun, hal ini tidak dibenarkan. Sebab jika digunakan dalam jangka panjang bisa merusak baterai itu sendiri. Selain itu, beberapa kasus smartphone bisa saja error. Jadi hindari pemakaian Charger yang tidak sesuai. Bila sobat membeli charger baru, lebih baik belilah charger original. Meskipun harganya sedikit mahal. Selain itu, Charger Original bisa mempercepat waktu pengisian.

 

2. Jangan charging terlalu lama.

Waktu pengisian baterai idealnya 3 – 4 jam, tergantung baterai tersebut terisi penuh. Namun, tidak sedikit pengguna yang melakukan pengisian lebih dari 8 jam. Meskipun baterai tanam memiliki pemutus arus, sangat tidak di sarankan untuk mengisi semalaman. Sebab baterai tersebut bisa cepat rusak meskipun sudah dibekali pemutus arus. Jika ingin Charger dimalam hari usahakan untuk tidak ketiduran, atau kamu bisa cabut di tengah malam ketika terbangun.

 

3. Jangan memainkan smartphone ketika di Charging.

Memainkan smartphone ketika di Charging memang sudah menjadi kebiasaan. Aktivitas seperti ini bisa merusak baterai, baik itu yang Non Removable ataupun yang Removable. Bukan hanya baterai, smartphone kamu bisa saja rusak karena suhu yang terlalu panas. Jadi untuk merawat baterai Non Removable supaya tetap awet sebaiknya jauhi aktivitas seperti ini.

 

4. Perhatikan Suhu Baterai.

Membuat baterai agat tetap dingin memang tidak mungkin. Karena hampir semua pengguna memainkan smartphone dalam waktu yang lama. Sehingga suhu baterai akan tinggi dan panas. Namun, sobat juga harus perhatikan bahwa ketika suhu batarai tinggi atau sudah sangat panas, lebih baik diamkan sejenak smartphone tersebut. Agar suhunya kembali normal.

Dan suhu yang ideal untuk baterai ialah 25-35° C derajat celcius. Untuk mengetahui suhu baterai kamu bisa Install aplikasi Battery Temperature atau sejenisnya.

 

5. Baterai di Charging sebelum 20%.

Dalam melakukan pengisian usahakan kondisi baterai jangan kurang dari 20%. Lebih baik Charging ketika baterai sudah berada di 25%. Menunggu baterai sampai kosong merupakan hal yang kurang baik. Karena hal ini bisa mepercepat kerusakan baterai dan smartphone.

Selain itu, smartphone akan lama dihidupkan jika diisi dalam kondisi kosong. Biasanya akan ada notifikasi untuk melakukan pengsisian baterai jika sudah di 25%. Jadi segera lakukan pengisisan jika sudah muncul notifikasi tersebut. Supaya baterai non removable bisa tahan lama dan awet.

 

6. Jangan sering memakai Power Bank.

Baterai smartphone memang cepat sekali habis, apalagi jika menggunakannya untuk bermain game. Mungkin dalam waktu 4 jam, baterai akan habis. Dengan adanya power bank kita tidak perlu repot lagi untuk melakukan charging secara langsung. Karena power bank sendiri ibarat baterai kedua bagi smartphone. Namun, sangat tidak disarankan menggunakan power bank terlalu sering.

Sebab sering mengisi baterai dengan power bank bisa membuat baterai cepat rusak. Apalagi power bank yang digunakan bukan produk original. Sebaik gunakan power bank dalam keadaan darurat saja, sepertu berkemah ataupun melakukan perjalanan jauh.

Itulah tips merawat baterai Non Removable yang bisa saya bagikan. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

Related Post to Tips Merawat Baterai Non Removable Agar Awet

Cara mengganti font oppo f5

Cara Mengganti Font Oppo F5 Tanpa Root.

Posted at 8 Januari 2019

Cara mengganti font Oppo F5 – Oppo F5 termasuk salah satu smartphone yang cukup pupoler. Salah satu keunggulannya terletak di sektor kamera selfie yang... Read More

Cara Menggunakan Label Nama Instagram Untuk Tambah Teman

Cara Menggunakan Label Nama Instagram Untuk Tambah Teman

Posted at 12 Oktober 2018

Cara Menggunakan Label Nama Instagram — Baru – baru ini Instagram telah menghadirkan fitur terbaru mereka yaitu Label Nama. Bagi yang sering bermain Instagram pasti... Read More

Cara Menampilkan Lirik Lagu Di Hp Android

Cara Menampilkan Lirik Lagu Di Hp Android

Posted at 4 Oktober 2018

Cara Menampilkan Lirik Lagu Di HP Android – Selain untuk komunikasi dan main game, banyak juga pengguna yang menggunakan android untuk memutar musik. Bahkan... Read More

Cara Membuat Status Unik Di Facebook

Cara Membuat Status Unik Di Facebook

Posted at 3 Oktober 2018

Cara Membuat Status Unik Di Facebook –Facebook merupakan situs sosial media yang paling banyak penggunanya di dunia. Tentu di jaman sekarang hampir semua orang... Read More

Cara Menampilkan Kecepatan Jaringan Internet HP Oppo Semua Tipe

Cara Menampilkan Kecepatan Jaringan Internet HP Oppo Semua Tipe

Posted at 2 Oktober 2018

Cara Menampilkan Kecepatan Jaringan Internet HP Oppo Semua Tipe – Internet merupakan faktor penting bagi sebuah smartphone. Apalagi sekarang jamananya 4G LTE yang mana... Read More


error: Content is protected !!